Jumat, 09 Desember 2016

Asam Lambung Bisa Membuat Paru Paru Rusak

Asam Lambung Bisa Membuat Paru Paru Rusak, Kepolisian dari Polresta Samarinda kehilangan salah satu anggota personel dari Unit K-9 Sat Sabhara Polres. Tewasnya anjing betina berusia 2 tahun, bernama Laika itu terjadi pada Selasa (22/11/2016) silam.
Gonggongan terakhir anjing berwarna hitam pekat itu terdengar pada pukul 10.00 Wita.
Saat itu, anjing jenis Belgian Malinois itu masih dapat mengonggong orang-orang yang lewat di depan kandangnya, yang terdapat di belakang Mapolresta Samarinda.
Setelah itu, anjing tersebut berhenti menggonggong dan mulutnya mengeluarkan busa. Satwa terlatih itu langsung dibawa ke dokter hewan untuk diperiksa. Sebelum dokter melakukan tindakan, ternyata nyawa anjing tersebut tak terselamatkan. Kiprah Laika yang kerap membuat demonstran berlarian, harus terhenti akibat penyakit yang saat ini masih diperiksa oleh dokter hewan.
"Selasa itu pas ada siswa TK datang ke Polres, masih bisa menggonggong, setelah itu tiba-tiba diam dan mulutnya mengeluarkan busa. Hasil pemeriksaan sementara, penyebab tewasnya Laika karena asam lambung yang naik, yang mengakibatkan kerusakan di paru-paru," ucap Kanit 9 Sat Sabhara Polresta Samarinda, Ipda I Putu Danayasa, Kamis (24/11/2016).
Lanjut dia menjelaskan, sebelum tewasnya Laika, tidak ada tanda-tanda yang terlihat oleh pawang Laika, yakni Aiptu Kristianus dan Brigpol Ericson. Layaknya manusia, pemakaman Laika juga diadakan upacara penghormatan, pada Rabu (23/11/2016) kemarin di kawasan asrama polisi KM 4.
"Sudah kita makamkan dengan upacara, saat ini kami masih menunggu hasil otopsi dari dokter. Dengan tewasnya Laika, saat ini Polres hanya memiliki satu anjing, yakni Terry yang bertugas untuk mendeteksi narkoba. Kalau Laika ini bertugas jika ada unjuk rasa dan melacak pelaku kejahatan," ungkapnya.
Tugas terakhir Laika bersama pawangnya, terjadi saat kepolisian melakukan pengamanan terhadap aksi demontrasi menolak pembangunan pabrik semen di kawasan Berau, beberapa waktu lalu.
"Kita belum tahu akan ada gantinya atau tidak. Yang jelas dengan adanya Unit K-9 ini sangat membantu pekerjaan kepolisian," ucapnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar